Rabu, 10 April 2013

Akuntansi Internasional


Akuntansi Internasional

Akuntansi Internasional - Beberapa pemicu munculnya Akuntansi Internasionaldapat disebutkan sebagai berikut :
1. Semakin luas dan besarnya jangkauan dan operasi MNC ( Multi national Corporation).
2. Investasi luar negeri yang dilakukan perusahaan, investor, pemerintah, dan sebagainya.
Akuntansi Internasional 150x150 Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional
3. Fluktuasi keuangan yang disebabkan berubahnya sistem keuangan internasional yang menimbulkan munculnya risiko perubahan kurs valuta asing sehingga memerlukan informasi akuntansi.
4. Meningkatnya harga sumber-sumber alam dan komiditi serta monopoli.
5. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan aspirasi dunia ketiga.
6. Meningkatnya peranan pasar modal.
7. Berubahnya Vision Pasar modal.
8. Pasar Modal USA termasuk pasar modal yang paing cepat menjadi pasar global.
Perkembangan Akuntansi Internasional semakin cepat dan perhatian profesi akuntan pun terhadap masalah ini semakin besar. Ada tiga kemungkinan pengertian orang terhadap Akuntansi Internasionalini.
Pertama, konsep parent-foreign subsidiary accounting atau accounting for foreign subsidiary. Di sini dianggap bahwa konsolidasi dari perusahaan induk dengan perusahaan cabang yang berada di berbagai negara.
Akuntansi Internasional
Kedua, Konsep Comperative atau international accounting yang menekankan pada upaya mempelajari dan mencoba memahami perbedaan akuntansi di berbagai negara.
Ketiga, universal atau world accounting yang berarti merupakan kerangka atau konsep di mana kita memiliki satu konsep akuntansi dunia termasuk di dalamnya teori dan prinsip akuntansi yang berlaku di semua negara.
Lembaga Akuntansi Internasional
Saat ini dunia masih belum memiliki suatu standar akuntansi yang diakui semua negara, masing-masing negara memiliki standar akuntansinya sendiri-sendiri, USA, UK, Indonesia, Australia, dan lain sebagainya. Karena semakin menyatunya berbagai kegiatan ekonomi khusunya pasar modal dan semakin majunya teknologi komunikasi, internet, komputer, semakin terasa perlunya standar akuntansi dunia, satu untuk semua. Inilah salah satu tujuan dari International Federation of Accountant dan International Accounting Standard Comittee.Beberapa lembaga international dapat dikemukakan sebagai berikut :
1. Accounting International Study Group ( AISG)
Organisasi ini didirikan oleh tiga negara : Amerika, Inggris, dan Kanada. Grup ini berupaya mengkaji praktik akuntansi dan auditing di ketiga negara tersebut.
2. International Congres Of Accountant ( ICA)
Didirikan pada tahun 1904 dengan tujuan meningkatkan konsultasi dan pertukaran ide antara akuntan di berbagai negara.
3. International Coordination Comitte for the Accounting Profession (ICCAP)
Pada tahun 1972 International Coordination Comitte for the Accounting Profession (ICCAP) ini dibentuk, lembaga ini didirikan untuk mempelajari kode etik profesi, pendidikan, latihan, dan struktur organisasi akuntansi regional.

Akuntansi Internasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar